10 Aktivitas Produktif Mahasiswa di Kost Saat Working From Home (WFH)

Working from Home 2 Masadepanmu

Himbauan Pemerintah terkait Working from Home (WFH) akhir-akhir ini untuk mengatasi penyebaran covid-19 atau virus corona masih akan terus diperpanjang. Baik pelajar maupun pegawai pun masih akan memperlama masa-masa belajar dan bekerja mereka dari rumah. Namun, hal ini tidak menjadikan alasan untuk berleha-leha atau sekedar rebahan saja di kamar kos tanpa aktivitas yang bermanfaat, bukan?

Bagi mahasiswa yang hari-harinya selalu diisi dengan kegiatan kuliah ke kampus, ikut organisasi, volunteer, nongkrong, liburan untuk saat ini terpaksa harus ditunda dahulu. Kita harus ikut membantu pemerintah dalam menekan wabah ini agar tidak semakin meluas, salah satu caranya adalah dengan Working from Home.

Jika kamu bingung ingin melakukan kegiatan atau aktivitas apa, mari kita simak 10 kegiatan positif dan produktif  Working from Home yang bisa mahasiswa atau pelajar lakukan dari kost/ rumah. 

1. Mengikuti Kuliah secara Online
Setiap kampus tentu memiliki sistem kuliah online/ pembelajaran kepada mahasiswa  agar tetap belajar secara mandiri meskipun dari kediaman masing-masing. Hal ini membantu kita agar tidak tertinggal materi kuliah dan mebuat kita aktif dan produktif meskipun ada di dalam kamar kos.

2. Mengerjakan Tugas dari Dosen
Setelah kita mengikuti kelas online atau diminta membaca power point/ jurnal dari dosen kita sesuai dengan deadline waktu yang disepakati. Koordinir juga teman-teman satu kelas untuk mengerjakan tugas tersebut serta menyerahkannya kepada dosen sesuai waktu yang telah disepakati bersama.

3. Baca buku 
Membaca buku merupakan kebiasaan positif yang harus kita biasakan pada masa-masa ini. Karena waktu yang kita miliki semakin banyak di kost/ rumah, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengatur waktu untuk membaca. Baca kembali buku-buku yang sudah ada di rak buku kita. Apabila bahan bacaan sudah habis, kita bisa membeli buku baru secara online sesuai dengan buku yang kita sukai. 

4. Bersih-Bersih Kamar Kosan
Coba lihat kembali kamar kos kita, apakah sudah rapi dan bersih? Kalau sudah rapi dan bersih bersyukurlah.  Namun apabila masih berantakan, segara ambil sapu serta kemoceng untuk membersihkan kamar kita. Hal ini dilakukan karena di masa yang akan datang kita masih berada di dalam kamar untuk Working from untuk belajar. Jika kamar yang kita tempati bersih dan rapi, tentu kita akan semakin nyaman untuk belajar bukan?

5. Olaharga Ringan di dalam Kos
Salah satu usaha dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh kita adalah dengan berolahraga. Kamu buka youtube, ketik di kolom pencarian Youtube olaharaga di dalam rumah. Dari situ akan muncul ribuan video olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di kamar kos. Jadi udah nggak ada alasan lagi buat nggak berolahraga-kan?

6. Makan-Makanan dengan Asupan Gizi Cukup
Makanan dengan asupan gisi cukup itu nggak harus mahal loh. Mahasiswa yang selalu erat dengan slogan hemat dan irit, tidak boleh mengabaikan aspek asupan gizi bagi tubuh. Hal yang harus kamu konsumsi untuk memenuhi gizi tersebut adalah makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, kamu juga bisa memberikan asupan tambahan berupa multivitamin untuk memperkuat imunitas tubuh kamu.

7. Ikut Course Online
Salah satu cara mengupgrade diri dalam keadaan di kos, ada baiknya kamu mengikuti course online di luar sana. Course online gratis bisa diakses melalui platform video sejuta umat alias Youtube. Melalui video-video Youtube kamu bisa meningkatkan skill atau wawasan sesuai dengan minat dan passion. 

8. Bantu Share Informasi Tentang Covid-19 atau Virus Corona
Sebagai orang berpendidikan, kamu harus ikut aktif dengan isu-isu terkini. Ikut mempelajari, menganalisis dan mengedukasi orang-orang di sekitar kita tantang virus coorna. Kita bisa mempelajari dan membagikan informasi seputar covid-19 atau virus corona diantaranya:

– bagaimana pola hidup bersih dan sehat
– tindakan preventif apa yang mengurangi resiko tertular
– tentang tata cara penularan,
– gejala-gejala yang ditimbulkan virus
– langkah-langkah apa yang harus kita lakukan jika kita menjadi ODP, PDP dan positif
– dll

Selain itu kita bisa mencegah penyebaran hoax yang terjadi di grup Whatsapp kita atau pun grup Whatsapp keluarga. Menganalisis berita hoax tersebut, kemudian meluruskan dengan informasi yang benar dari sumber yang kredibel seperti informasi dari Kementrian Kesehatan dan WHO.

9. Beribadah dengan baik
Upaya yang tidak kalah penting kita lakukan adalah beribadah atau meningkatkan sisi spiritual kita. Sementara tidak menghadiri tempat ibadah atau kerumunan orang yang mengakibatkan percepatan penularan virus. Work from Home bisa menjadi salah satu media untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

10. Video Call dengan Orang Tua
Masa-masa social distancing atau physical distancing adalah waktu yang tepat untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan orang tua di kampung halaman. Kamu bisa menelpon orang tua, atau kamu bisa video call melalui aplikasi video call seperti Whatsapp untuk sekedar bertanya kabar dan berbagi semangat dalam menghadapi wabah saat ini.

Itulah beberapa tips untuk mengisi kegiatan selama Working from Home (WFH) bagi para mahasiwa ataupun pelajar yang kegiatan hariannya hanya di dalam kamar kos. Semoga wabah ini segera berakhir dan kita bisa belajar serta bekerja normal kembali. 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *