Lengkap! Panduan Cara Pendaftaran hingga Memperoleh Insentif 3,55 Juta Kartu Prakerja

Kartu prakerja merupakan salah satu program pemerintah yang ditujukan bagi warga negera Indonesia berupa biaya pelatihan dan insentif. Target penerima kartu Prakerja ini adalah 5,6 juta orang. Insentif yang diterima masing-masing individu adalah Rp3.550.000,00. Satu orang hanya diberi kesempatan satu kali saja menjadi penerima kartu Prakerja. 

Untuk mencapai target 5,6 juta orang, maka pemerintah melakukan penjaringan penerima kartu Prakerja setiap minggu. Beberapa gelombang akan di buka tiap pekan untuk menyeleksi calon penerima Kartu Prakerja dari bulan April hingga November 2020. Target pemerintah dalam satu minggu bisa menjaring calon penerima kartu Prakerja antara 100.000 – 200.000 orang. 

Awalnya program ini ditujukan kepada pencari kerja angkatan muda, buruh dan yang membutuhkan pelatihan. Namun karena wabah covid-19, program ini juga menyasar kepada korban PHK dan UMKM yang terdampak wabah ini.

Ada 8 platform online sudah bekerja sama dengan pemerintah untuk mengadakan pelatihan online. Nantinya pelatihan Prakerja akan ditambah mitra-mitra lain untuk memperbanyak jenis pelatihan, baik online maupun offline.


Syarat Lolos Kartu Prakerja


Syarat utama untuk mengikuti program kartu prakerja yang pertama adalah Warga Negara Indonesia. Kedua, minimal berusia 18 tahun. Ketiga, tidak sedang mengikuti sekolah formal (SMA/SMK/ Kuliah). 


Hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran kartu Prakerja di antaranya adalah email aktif. Email ini digunakan untuk proses verifikasi akun dan menjadi sumber informasi. Kedua, nomor HP untuk penerima kode OTP. Ketiga, KTP untuk proses validasi data akun pelamar.

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja


1. Melakukan pendaftaran di website prakerja.go.id
2. Masukkan email aktif dan password akun Prakerja
3. Masuk ke email aktif untuk verifikasi akun
4. Proses verifikasi selesai dan bisa melanjutkan pengisian data di prakerja.go.id

Pengisian Data Akun Prakerja


1. Login ke Prakerja menggunakan email dan password yang sudah dibuat2. Verifikasi data KTP. Isi nomor KTP dan tanggal lahir
3. Mengisi data akun Prakerja meliputi: Alamat Email, Nama Lengkap, Alamat Sesuai KTP, Jenis Kelamin, Pendidikan Terakhir, Status Pekerjaan, Topik Pelatihan yang Ingin Diikuti, Foto KTP, Swa Foto menggunakan KTP.
3. Masukkan nomor HP untuk dikirimkan kode OTP untuk proses verifikasi
4. Mengikuti Tes Online (Kemampuan Dasar dan Motivasi). Tes berisi 18 soal dalam durasi 25 menit. Materi yang diujikan di Tes Online adalah Operasi Matematika, Urutan Instruksi dan Pemahaman Bacaan Non Sastra.
5. Kembali ke dashboard Prakerja untuk menngikuti gelombang tes Prakerja
6. Menunggu proses seleksi dari Prakerja

Jika Gagal Seleksi, Apakah Bisa Mencoba Gelombang Berikutnya?
Jika di dashboard Prakerja sudah diumumkan bahwa kamu tidak lolos pada gelombang tertentu. Jangan khawatir, kamu masih bisa mengikuti gelombang berikutnya tanpa perlu melakukan pendaftaran kembali. Semangat ya pejuang kartu Prakerja!

Nilai Manfaat Kartu Prakerja: Insentif Pelatihan dan Insentif Non-Tunai
Apabila pada dashboard Prakerja dinyatakan lolos, maka kamu akan memperoleh saldo untuk menjalani pelatihan sejumlah Rp 1.000.000,00. Besaran nilai manfaat total kartu Prakerja yang diperoleh sebenarnya adalah Rp 3.550.000,00. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

– Biaya pelatihan Rp 1.000.000,00
– Insentif Rp 2.400.000,00 (@Rp600.000,00/bulan
– Insentif tambahan Rp150.000,00

Insentif sebesar Rp2.400.000, baru bisa ditransfer ke no rekening yang dituju/ E-wallet, apabila sudah menyelesaikan pelatihan melalui mitra Prakerja yang dipilih. Syarat utama pencairan insentif senilai Rp 2.400.000,00 adalah menyelesaikan kelas pertama saja.

Setelah menyelesaikan kelas pertama melalui mitra Prakerja, insentif Rp2.400.000,00 akan dikirim selama 4 kali setiap bulan sejumlah Rp600.000,00. Insentif tambahan sebesar Rp150.000,00 dapat dicairkan apabila penerima kartu Prakerja mengisi survey sebanyak 3 kali pada program kartu Prakerja ini.

Kapan Insentif Saldo Non Tunai Ditransfer ke Nomor Rekening/ E-Money? 
Insentif berupa saldo non tunai akan ditransfer setelah pengguna kartu Prakerja menyelesaikan minimal 1 kelas pelatihan. Setelah itu akan mendapatkan verifikasi dan notifikasi tambahan dari Prakerja untuk menerima insentif saldo tersebut.

Jika Saldo Pelatihan Prakerja Masih Tersisa Bagaimana?
Jika saldo pelatihan Prakerja masih tersisa dan tidak habis, maka saldo tersebut akan dikembalikan ke kas Negara dan tidak dapat dipindahkan ke saldo tunai/ non tunai penerima kartu Prakerja. Jadi manfaatkan dengan baik, seluruh saldo pelatihan yang ada agar benar-benar memberikan manfaat untuk kamu. 

Apakah Bisa Membeli Kelas Pelatihan Antar Mitra?
Tentu bisa. Selama saldo kamu masih mencukupi, maka setiap penerima kartu Prakerja dapat menggunakan saldo pelatihan di satu mitra saja atau di beberapa mitra Prakerja.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *